WELCOME TO AFAN OPPA BLOG

Selamat Datang di Blog Saya (Afan Oppa) ^_^

Rabu, 06 Januari 2016

5 Aktor Top China yang Jago Beladiri Favorit Oppa

1. Sammo Hung


Memiliki paras polos sedikit lugu dan bertubuh tambun, membuat banyak orang berpikir bahwa Sammo Hung tidak bisa melakukan beladiri. Namun ternyata, aktor kelahiran 7 January 1952 itu memiliki jago beladiri, bahkan menjadi koreografer adegan perkelahian dalam beberapa film yang dibintangi oleh Jackie Chan, King Hu, and John Woo.
Peran beladiri yang membuat terkenal adalah dalam film Project A, Wheels on Meals, dan Dragons Forever, di mana film tersebut juga diperankan Jackie Chan dan Biao Yuen. Bahkan, aktor yang biasa disapa Dai Goh ini tetap tampil keren ketika berperan ahli beladiri di film Ip Man bersama Donnie Yen.
Selain piawai berperan sebagai orang yang jago beladiri, Sammo Hung juga seorang penulis skenario, sutradara, hingga produser.


2. Donnie Yen


Donnie Yen memulai kariernya sebagai stuntman dalam beberapa film aksi. Kariernya di dunia akting mulai menanjak ketika turut tampil dalam film Once Upon a Time in China II, di mana aktor beladiri ternama asal China, Jet Li, menjadi pemeran utamanya.
Namun, nama Donnie Yen baru menggetarkan dunia ketika memerankan tokoh ahli beladiri wing chun, Yip Man, dalam film Ip Man. Aksi-aksi beladiri dari aktor yang kini berusia 52 tahun dalam Ip Man membuat pencinta film aksi melupakan nama-nama sekaliber Jet Li dan Jackie Chan.
Hebatnya, Donnie Yen tidak hanya menguasai satu ilmu beladiri, namun dia menguasai tinju, kickboxing, jeet kune do, hapkido, taekwondo, muay thai, wrestling, Brazilian jiu-jitsu, judo, jing chun, dan wushu.


3. Jet Li


Kehebatan Jet Li dalam berperan beladiri membuat sineas Hollywood tergoda untuk membawanya ke negeri Paman Sam. Pria kelahiran Beijing 52 tahun silam itu turut bermain dalam film Lethal Weapon 4 bersama Mel Gibson, The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor bersama Brendan Fraser, dan The Expendables bersama Sylvester Stallone.
Pada awal kariernya sendiri, seperti halnya Donnie Yen, Jet Li mulai terkenal setelah memerankan tokoh beladiri asal China, Wong Fei Hung, dalam film Once Upon a Time in China, dan memerankan Fong Sai Yuk dalam film Fong Sai Yuk.


4. Bruce Lee


Bruce Lee bisa dibilang sebagai aktor yang membuka pintu beladiri asal China ke dunia industri film internasional, khususnya Hollywood. Aktor kelahiran San Francisco, California, itu adalah murid dari legenda beladiri negeri Tirai Bambu, Yip Man, yang merupakan ahli seni beladiri wing chun.
Sebelum wafat dalam usia 32 tahun, Jet Li telah menciptakan aliran seni beladiri Jeet Kune Do, yang berlatar dari aliran wing chun dengan dipadukan dengan tinju, epee fencing, kickboxing, taekwondo, jujitsu, chan Buddhism, Taoism, hingga taiji.
Bintang film ternama Hollywood yang mempelajari Jeet Kune Do mulai dari Chuck Norris hingga Angelina Jolie. Bahkan, sangking legendarisnya, sosoknya kembali dimunculkan dalam Ip Man 3, yang tayang pada Desember 2015.


5. Jackie Chan


Terakhir ada Jackie Chan. Ya, aktor yang memiliki nama Mandarin, Cheng Long, jago beladiri kung fu dan wing chun. Selain itu, aktor yang telah berperan dalam lebih dari 150 film aksi itu juga mempelajari ilmu karate, judo, taekwondo, dan jeet kune do.
Jackie Chan semakin membuat pencinta film berdecak kagum karena dia sangat jarang menggunakan stuntman dalam adegan berbahaya. Bahkan, aktor kelahiran 7 April 1954 itu kerap menampilkan trik-trik lucu dalam adegan beladiri di filmnya yang membuat penonton terhibur.
Jackie Chan mulai terkenal ketika memerankan Wong Fei Hung dalam film Drunken Master. Lalu menjadi idola ketika bersama Sammo Hung dan Biao Yuen tampil dalam banyak film, dan mendapat julukan Three Brothers atau Three Dragons. Namun Jackie Chan lebih mujur karena sukses menembus Hollywood dalam film seperti Rush Hour, Shanghai Knights, dan yang terakhir adalah Dragon Blade.

3 komentar: